Ekonomi Syariah Indonesia Ketinggalan dari Malaysia?

Gubernur BI Agus MArtowardojo

Gubernur BI Agus MArtowardojo

Sabang News – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan bahwa titik penanda perkembangan ekonomi syariah di Indonesia baru dimulai sejak 1992 silam. Namun Malaysia memulai pengembangan ekonomi syariah lebih dulu pada 1963.

“Titik pengembangan ekonomi syariah di Indonesia itu saat mendirikan Bank Muamalat Indonesia tahun 1992, kita baru mengaktifkan ekonomi syariah sementara negara tetangga kita di Malaysia sudah kembangkan ekonomi syariah di tahun 1963 dan mendirikan Bank Islam Malaysia 1983,” ungkap Agus dalam acara bincang-bincang di Gedung BI Surabaya, Rabu (5/11/2014).

Tidak hanya berhenti pada pembangunan Bank Muamalat, Agus juga menyampaikan bahwa sebenarnya selama ini pihaknya terus bekerjasama dengan pemerintah. Kerjasama ini pun telah membuahkan hasil. Hal tersebut tampak dari pesatnya industri ekonomi syariah di Indonesia.

“BI bersama pemerintah dan pelaku kepentingan sudah siapkan kegiatan pengawasan pebankan, kita sambut baik tahun 2008 peraturan perbankan syariah disahkan kemudian disahkan sukuk negara, kemudian ekonomi syariah terus berkembang ke depan,” jelasnya.

Agus menuturkan, perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air tampak mengagumkan. Menurutnya, dunia menyatakan Indonesia sebagai institusi perbankan retail syariah yang terbesar.

“Perkembangan syariah cukup baik dan ritel syariah terbesar, saat ini (lembaga keuangan syariah) tidak kurang dari 3.000 kantor. Unit Usaha Syariah mencapai 1.200 kantor. Nasabahnya mencapai 18 juta lebih. Total aset Rp 240 triliun lebih,” pungkasnya.

Sumber : kompas


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

4 Responses

  1. Rossi AryaniNovember 8, 2014 at 5:28 amReply

    artikel ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai ekonomi syariah, kami juga memiliki situs yang membahas mengenai ekonomi syariah, anda bisa kunjungi di Ekonomi Syariah

  2. irma farhanahJune 5, 2015 at 2:51 amReply

    saya tertarik dengan artikel anda mengenai ekonomi, saya juga mempunya tulisan serupa mengenai ekononi, bisa dilihat
    disini, happy sharing :)

  3. meydhiJune 5, 2015 at 4:26 amReply

    Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul “Ekonomi Syariah Indonesia Ketinggalan dari Malaysia?”.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Ekonomi Syariah yang bisa anda kunjungi di Informasi Tentang Ekonomi Syariah

  4. AliveJune 5, 2015 at 11:53 pmReply

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Keuangan dan Perbankan.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Perbankan yang bisa anda kunjungi di sini

Leave a Reply