E-Kinerja Banda Aceh Jadi Ikon Nasional

Sabang News – Elektonik Kinerja (e-Kinerja) yang diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh sudah menjadi ikon nasional. Hal itu didasari keberhasilan ibukota Provinsi Aceh ini dalam menerapkan e-Kinerja bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS)-nya.

Staf Ahli Walikota Tangerang Bidang Pemerintahan, DR.Yayan Sofiyan, SH, M.Si mengatakan, pihaknya berharap suatu saat dapat menerapkan e-Kinerja PNS. Dengan demikian, nanti lebih mudah dalam memantau kinerja para PNS di Tangerang.

“Untuk itulah kami berkeinginan mengaplikasi e-Kinerja milik Pemko Banda Aceh yang telah menjadi ikon nasional,” ujar Yayan Sofiyan saat melakukan studi banding ke Pemko Banda Aceh, Kamis (16/10).

Pemko Tangerang mengirimkan lima staf ahli walikota untuk mempelajari bagaimana penerapan e-Kinerja yang dilakukan Pemko Banda Aceh selama ini, sehingga program tersebut dinilai terbaik di Indonesia dan mendapat rekomendasi Kemendagri sebagai studi banding bagi daerah lain.

Kedatangan lima staf ahli Pemko Tangerang tersebut diterima Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh, M.Nurdin, S.Sos dan sejumlah staf di ruang rapat Balaikota lantai III.

Yayan mengungkapkan, aplikasi e-Kinerja milik Pemko Banda Aceh saat ini semakin banyak dilirik oleh berbagai lembaga dan pemerintahan kabupaten/kota se-Indonesia. Terlebih lagi, hasil kerja Pemko Banda Aceh ini sudah mendapat rekomendasi pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri.

Sejauh ini, sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Indonesia telah mengirimkan delegasinya ke Banda Aceh dalam rangka mempelajari penerapan aplikasi e-Kinerja yang telah mendapat pengakuan Hak Atas Kekayaan Intelektuan (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM.

Disebutkan, kehadiran 5 staf ahli walikota Tangerang khusus mendalami kemajuan Kota Banda Aceh terutama dalam penerapan e-Kinerja PNS. Aplikasi e-Kinerja PNS di sini sungguh luar biasa karena mampu memotret kinerja PNS sekaligus kinerja institusi. “Kami berharap Pemko Banda Aceh mau berkerjasama dengan Kota Tangerang,” ujar Yayan yang diamini rekannya H.Gazali Barmawi.

Sementara Asisten Administrasi Umum Setdako, M.Nurdin mengatakan, Pemko Banda Aceh siap membantu Pemko Tangerang dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya di bidang pengelolaan kinerja pegawai negeri berbasis aplikasi.

“Semoga apa yang dilihat dan didapat di Banda Aceh ini bisa diterapkan di Tangerang nanti,” ujar Nurdin didampingi Kabag Organisasi Faisal, S.STP, Sekretaris BKPP Drs.Yuswardi, MM dan Kepala UPTB Penilaian Kinerja PNS  Muhammad Syarif, SHI, MH.

Sedangkan lima orang staf ahli walikota Tangerang yang berkunjung ke Banda Aceh adalah Dr.Yayan Sofyan, Dr.H.Rachmat Hadi, M.Si, H.Agus Sudrajat, SIP, MM, H.Gazali Barmawi, dan H.Diding Iskandar.

Sumber : analisadaily


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply