Pemko Sabang Siapkan Rp 4 M untuk Perbaiki Jaringan PDAM

Walikota Sabang - Zulkifli

Walikota Sabang – Zulkifli

Sabang News -  Wali Kota Sabang, Zulkifli Adam berjanji menyelesaikan persoalan krisis air bersih yang selama ini menjadi keluhan warga setempat.

Pemko Sabang akan memperbaiki seluruh instalasi pipa PDAM dengan dana sebesar Rp 4 miliar, yang bersumber dari Dana Otsus 2014. Wali Kota memprediksi, krisis air bersih ini bisa diatasi pada 2015 mendatang.

Wali Kota mengatakan itu menjawab Serambi Minggu (6/7), terkait banyaknya keluhan masyarakat terhadap suplai air PDAM Tirta Aneuk Laot yang belum maksimal dan merata.

Menurut Zulkifli, kondisi tersebut disebabkan banyaknya pipa yang bocor dan rusak dimakan usia, dan terbatasnya jaringan pipa PDAM.

Pemko Sabang, kata Zulkifli, sudah mengusulkan dana penyambungan instasli dan perbaikan pipa yang rusak dan bocor ke Pemerintah Aceh.

Bahkan, Pemerintah Aceh sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 4 miliar dari dana Otsus 2014 untuk keperluan program tersebut.

Dengan dana itu, kata Zulkifli, Pemko Sabang akan melakukan perbaikan dan penyambungan jaringan PDAM hingga ke kawasan pelosok yang hingga kini belum menikmati suplai air bersih dari PDAM.

“Insya Allah tahun 2015 suplai air bersih ke seluruh wilayah Sabang sudah lancar,” katanya.

Tak hanya itu, Pemko Sabang juga merencanakan pengelolaan air dengan sistem teknologi canggih, sehingga air yang didistribusikan PDAM bisa langsung diminum tanpa dimasak.

Namun, sistem ini dikhususkan untuk hotel dan penginapan. “Kita sedang menjajaki mitra strategis untuk pengelolaan air dengan teknologi canggih seperti di luar negeri,” katanya.

Sementara Direktur PDAM Tirta Aneuk Laot, Sabang, Cut Faisal Syahputra secara terpisah mengatakan, saat ini tercatat 5.600 pelanggan PDAM di Sabang. Masih ada sekitar 4.000 lebih yang belum menjadi pelanggan.

“Dari 4.000 itu sebagiannya, seperti masyarakat Gampong Keunekai dan Jurong Pria Laot Dalam, sudah menyuplai air bersih yang dikelola sendiri dari mata air Gunong Paya Keutapeun,” katanya.

Sumber : tribunnews


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. mortgagecrowJune 3, 2015 at 3:59 amReply

    Enjoyed every bit of your blog.Really thank you! Want more.

Leave a Reply