Safic, Wadahnya Para Pemancing

Anggota Sabang Fishing Club (Safic) memperlihatkan ikan Giant Travelly (GT) atau (ikan bungkok) hasil tangkapannnya di laut kawasan Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Sabang beberapa waktu lalu. (Foto : Probaha)

Anggota Sabang Fishing Club (Safic) memperlihatkan ikan Giant Travelly (GT) atau (ikan bungkok) hasil tangkapannnya di laut kawasan Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Sabang beberapa waktu lalu. (Foto : Probaha)

Sabang News - Bagi yang hobi memancing ikan atau “mancing mania”, tentu Sabang merupakan salah satu kota yang menjadi pilihan utama. Di Pulau Weh ini terdapat lebih dari lima ratusan lokasi memancing baik untuk sport fishing dan surf fishing (memancing di pantai).

Setiap hari para pengunjung dari luar Sabang banyak berdatangan ke Sabang untuk memancing, sambil berlibur. Namun, banyak pengunjung tidak tahu lokasi-lokasi terbaik untuk memancing.

Di Sabang, ternyata ada komunitas pancing yang sudah eksis sejak 10 Oktober 2010, yakni Sabang Fishing Club (Safic). Klub yang beranggota 20 orang ini dipimpin Junaidi, bersedia memberi informasi kepada para pengunjung. “Kami juga masih membuka peluang bagi warga Sabang dan di luar Sabang untuk bergabung di klub ini. Siapa saja boleh bergabung, baik yang sekadar hobi maupun yang bergelut di olahraga memancing,” kata Junaidi, kepada Serambi.

Didampingi Sekretaris dan Bendahara Safic, Fajar dan Deni, Junaidi mengatakan, klub ini bertujuan membina persahabatan, mewadahi para pemancing sekaligus memajukan wisata bahari Sabang. Selain itu juga berusaha mensosialisasikan kelestarian alam. Jika cuaca bagus, anggota klub setiap pekan rutin memancing ke tengah laut maupun di Danau Aneuk Laot.

“Aktivitas Safic lebih fokus kepada promosi Sabang dengan cara memberi informasi kepada warga yang datang ke Sabang untuk memancing. Begitupun, banyak kegiatan lain yang dilakukan seperti bakti sosial dan menjamu klub pancing lain di luar Sabang,” kata Junaidi. Jika Anda ingin mendapat informasi tentang memancing, silakan menghubungi klub ini atau sekaligus ingin bergabung di klub yang berkantor di Mitra Laut, Jalan Perdagangan, Kecamatan Sukakarya. Klub ini juga getol mempromosikan Sabang via facebook dan blog. Bahkan mereka sedang menyiapkan website khusus pemancing. “Intinya kami ingin mempromosikan Sabang dengan cara kami sendiri. Biasanya kami bersedia membantu pengunjung seperti membantu menyewakan kail dan boat bagi mereka yang ingin memancing di tengah laut,” demikian Junaidi.

Sumber : Prohaba

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. JuningNovember 8, 2014 at 1:07 pmReply

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

Leave a Reply